Label

Kamis, 12 Juli 2012

Pengenalan Informatika

Komputer:suatu perangkat elektronik yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu.

Sistem:kumpulan elemen-elemen yang saling terkait dan bekerja sama untuk memproses/menghasilkan sesuatu yang diinginkan/dicapai.

Sistem komputer:Hardware
Software
Brainware

Siklus Pengolahan Data
-Input:proses memasukan data kedalam proses komputer melalui alat input.
-Proses:proses pengolahan data dari data yang telah dimasukan yang dilakukan oleh alat pemproses(aritmatika logikal limit)yang dapat berupa proses,menghitung,membandingkan,mengklarifikasikan,mengurutkan,dan mencari distrage.
-output:proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data kealat output ysng berupa informasi.

Alat komputer sebagai pengolah data mulai dari sederhana hingga sekarang dapat digolongkan dalam 4 golongan,yaitu:
1)Manual(Manual Device) menggunakan alat-alat sederhana tangan masih memegang peranan penting.
2)Alat Mekanik yaitu alat mekanik yang digerakan secar manual dengan tangan.
3)Alat Mekanik elektronik yaitu alat mekanik yang digerakan dengan motor mekanik.
4)Alat Elektronik adalah alat bekerja secara elektronik.

Evolusi Komputer Modern
1.      Komputer Generasi 1 (1946-1959)
Ciri-ciri:
1)      Bentuk fisiknya besar
2)      Daya listrik yang digunakan sangat besar
3)      Memakai media tabung hampa
4)      Cepat panas sehingga perlu pendingin
5)      Prosesnya lambat
6)      Simpanannya kecil
7)      Orientasinya kebisnis
8)      Menggunakan simpanan luar
9)      Program yang dibuat menggunakan bahasa mesin
10)  Biaya besar
2.      Komputer Generasi ke 2 (1959-1964)
Ciri-ciri:
     1)  Komponen yang dipakai adalah transistor sebagai circuitnya
     2)  Sudah memulai memakai bahasa tingkat tinggi
     3)  Kapasitas memori sudah besar(sudah menggunakan magnetic core stronge"gulungan magnet               sebagai media penyimpanan)
     4)  Sudah bisa menggunakan simpanan luas(removeble disk)
     5)  Kemampuan proses real time
     6)  Gulungan fisik lebih kecil dari generasi 1
     7)  Proses sudah agaak cepat
     8)  Butuh lebih sedikit daya listrik
     9)  Orientasinya sudah mulai ke aplikasi teknik
3.    Komputer generasi ke 3(1964-1970)
                Ciri-ciri:
1)      Sudah menggunak IC(intergrated circuit)
2)      Peningkatan pada software
3)      Lebih cepat 10.000 kali dari komputer generasi ke 1
4)      Menggunakan simpanan luar yang sifatnya random acces
5)      Menggunakan daya listrik lebih hemat
6)      Sudah memungkinkan untuk melakukan multiprosesing
7)      Sudah menggunakan input dan output yang berbentuk display"gambar dan grafik
8)      Sudah mampu berkomunikasi antar komputer
9)      Harga lebih murah dari generasi ke2
4.                       Komputer Generasi ke 4(1970-1990)
  Ciri-ciri:
1)      Telah menggunakan microprosesor
2)      Sudah menggunakan teknologi LSI(Large Scala Integration) & VLSI(Very Large Scala Integration)
5.                    Komputer Generasi ke 5 (1990-sekarang)
        Ciri-ciri:
1)      MPP(Massively Paraller Prosesor)
2)      1999- WWW-World Wide Web
3)      1993-Mosaic untuk UNIX,PC,dan Mac
4)      Menginterprestasikan tag IMG dan menayangkan
5)      Grafik sepanjang Ext
6)      1994 Net Scape Navigator 1.0 gratis
7)      1996 explorer

Jenis-jenis komputer:
A.    Berdasarkan fungsi:
1)      Special Purpose Computer
2)      General Purposse Computer

Berdasarkan ukuran fisik:
-          Super komputer : jenis komputer yang memiliki kecuali yang paling cepat
-          Komputer besar(Main Frame) : Banyak menyimpan data
-          Komputer menengah
-          Komputer kecil
-          Komputer mini
-          Komputer mikro

Berdasarkan daya yang diolah
1.      Analog
2.      Digital
3.      Hibrid

PERANGKAT KERAS
-          Keyboard : Alat untuk memasukan data yang akan diproses
Keyboard standar terdiri 104 kunci/tombol
Dibagi menjadi 4 komponen/bagian
1.      Kunci Alpa numerik
2.      Kunci Numerik
3.      Kunci Lokasi
4.      Kunci Fungsi
-          Mouse (Tetikus)
Cara pengabungan mouse keCPU ada 4:
1.      Serial
2.      USB
3.      Ps2
4.      Wirelles
-          Join Stik
         9  gunanya untuk memanuver/mengarahkan objek yang sulit dilakukan oleh keyboard.
-          Barcode
9  Peralatan input yang dirancang untuk tujuan spesifik dan dipersentasikan sebagai data numerik yang dibentuk oleh serangkaian baris/garis yang memiliki panjang dan ketebalan yang bervariasi.
-          Scanner
            9   Untuk memasukan/mengijinkan informasi kedalam komputer baik berupa foto maupun teks.
-          Camera Digital
            9   Alat yang dapat mengkonversi foto ditangkap secara langsung kedalam image.
-          Teleconference
            9   Komunikasi 2 atau lebih terpisah menggunakan jaringan internet secara langsung.
-          Voice Data Entry
            9   Memasukan data dengan menggunakan suara.
-          Finger Print
            9   Untuk mendeteksi atau menangkap kurva atau lekukan jari.
-          ATM
-          Touch Screen
            9   Dengan menyentuh jari pada tombol maka akan membentuk data.
-          Light Pen
            9   Membentuk data dengan menggunakan seperti pena yang berisi cahaya.

Alat Proses
1.      CPU(Central Prossesing Unit)
        9  Merupakan unit proses utama yang penting dalam komputer yang mengendalikan seluruh proses pengolahan data.
      CPU terdiri dari 3 fungsi olah
a.       ALU(Aritmatic Logical Unit)
        9   Berfungsi melakukan proses yang membutuhkan perhitungan matematika dan perbandingan secara logikal.
b.      CU(Control Unit)
        9   Berfungsi untuk melakukan pengendalian semua peralatan lain.
c.       Register
        9   Tempat penyimpanan sementara

Alat-alat yang ada dalam CPU
-          Mother Board/Main Board
        9    Merupakan salah satu perangkat dalam komputer yang digunakan sebagai tempat untuk memasang atau meletakan beberapa peralatan lain.

-          Prosesor
        9   Merupakan sebuah chip yang merupakan kotak pemeroses dan pusat pengendali berbagai perangkat lain sehingga komputer dapat bekerja antar satu dengan yang lainnnya.
-          Memori
        9   Merupakan tempat menyimpan data atau intruksi.
Out Put
-          Monitor
9  Fungsinya menampilkan data,grafik,informasi berbentuk gambar,dan teks.
-          Printer
            9    Berfungsi untuk mencetak hasil data.
-          Speakers
            9    Untuk mengeluarkan suara.
-          Projector
             9    Alat untuk mengambil image dari komputer dan ditampilkan kelayar yang lebih besar.
-          Plotter
             9    Mencetak data dalam ukuran besar.
-          Robot
-          Computer Aided memfaktor
-          Piranti Komunikasi
9  Media penyambung untuk mengeluarkan data.
Contoh : Modem
Software
Software
9  Merupakan program yang dibuat oleh ahli program untuk menjalankan perangkat keras.
9  Merupakan suatu program yang berisi perintah/intruksi untuk melakukan pengolahan data.
9  Sebagai penghubung hardware dan brainware untuk mengolah data.
Perkembangan Software
1)      Era Pionir(Pemula)
-          Menggunakan kabel-kabel sebagai penghubung
-          Punched Card
-          Digunakan untuk satu fungsi
2)      Era Stabil
-          Sudah mulai banyak digunakan didalam pendidikan,bisnis,dan industri
-          Multitasking " Menggerakan lebih dari satu perintah
-          Multi User
3)      Era Micro
-          Membagi perangkat internal
-          Otomatis
4)      Era Modern
-          Software sudah mulai dipakai diTV,AC,dll.

Fungsi Software
1.      Mengidentifikasi program
2.      Menyiapkan aplikasi program
3.      Mengatur dan membuat pekerjaan menjadi lebih efisien

Software/Perangkat Lunak terbagi menjadi 4 macam :
1.      Sistem Operasi
        9   program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input,output,tabel pengkodean,memori,penjadwalan prosesor,dll.
Fungsi Sistem Operasi:
1.      Menyimpan program dan aksesnya
2.      Membagi tugas diCPU
3.      Merekam data-data
4.      Menghapus dan mendapatkan data
5.      Memeriksa kesalahan sistem
6.      Mengatur memori
7.      Menjaga keamanan

2.      Program Aplikasi
       9  Perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu.
Misalnya: Pengolahan data,lembar kerja,desain grafis,mengolah gambar,dll.

3.      Bahasa Pemograman
       9   Program yang digunakan untuk menterjemah intruksi yang ditulis dalam bahasa pemograman kebahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu agar diterima oleh komputer.
Misalnya: Turbo pascal,visual basic,dll.

4.      Utility
       9   Perangkat lunak yang berfungsi untuk membantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer.
Misalnya:Anti virus,bluetooth,dll.

Virus
    9   Sebuah program yang menyusup dan berkembangbiak dengan sendirinya dalam media penyimpanan komputer.

Dampak dari virus:
-          Menghabiskan ruang/memori penyimpanan
-          Mengganggu kerja memori
-          Merusak Komputer

Cara mengatasinya:
-          Memberi proteksi(Anti virus)
-          Meng up date Anti virus
-          Mengback up












         




Tidak ada komentar:

Posting Komentar