Komputer:suatu perangkat elektronik yang dapat
menerima dan mengolah data menjadi informasi serta dapat bekerja secara
otomatis dengan aturan tertentu.
Sistem:kumpulan elemen-elemen yang saling terkait dan bekerja sama untuk
memproses/menghasilkan sesuatu yang diinginkan/dicapai.
Sistem komputer:Hardware
Software
Brainware
Siklus Pengolahan Data
-Input:proses memasukan data kedalam proses komputer melalui alat input.
-Proses:proses pengolahan data dari data yang telah dimasukan yang
dilakukan oleh alat pemproses(aritmatika logikal limit)yang dapat berupa
proses,menghitung,membandingkan,mengklarifikasikan,mengurutkan,dan mencari
distrage.
-output:proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data kealat output
ysng berupa informasi.
Alat komputer sebagai pengolah data mulai dari sederhana hingga sekarang
dapat digolongkan dalam 4 golongan,yaitu:
1)Manual(Manual Device) menggunakan alat-alat sederhana tangan masih
memegang peranan penting.
2)Alat Mekanik yaitu alat mekanik yang digerakan secar manual dengan
tangan.
3)Alat Mekanik elektronik yaitu alat mekanik yang digerakan dengan motor
mekanik.
4)Alat Elektronik adalah alat bekerja secara elektronik.
Evolusi Komputer Modern
1. Komputer Generasi 1 (1946-1959)
Ciri-ciri:
1) Bentuk fisiknya besar
2) Daya listrik yang digunakan sangat besar
3) Memakai media tabung hampa
4) Cepat panas sehingga perlu pendingin
5) Prosesnya lambat
6) Simpanannya kecil
7) Orientasinya kebisnis
8) Menggunakan simpanan luar
9) Program yang dibuat menggunakan bahasa mesin
10) Biaya besar
2. Komputer Generasi ke 2 (1959-1964)
Ciri-ciri:
1) Komponen yang dipakai adalah transistor
sebagai circuitnya
2) Sudah memulai memakai bahasa tingkat tinggi
3) Kapasitas memori sudah besar(sudah
menggunakan magnetic core stronge"gulungan magnet sebagai media penyimpanan)
4) Sudah bisa menggunakan simpanan
luas(removeble disk)
5) Kemampuan proses real time
6) Gulungan fisik lebih kecil dari generasi 1
7) Proses sudah agaak cepat
8) Butuh lebih sedikit daya listrik
9) Orientasinya sudah mulai ke aplikasi teknik
3. Komputer generasi ke
3(1964-1970)
Ciri-ciri:
1) Sudah menggunak IC(intergrated circuit)
2) Peningkatan pada software
3) Lebih cepat 10.000 kali dari komputer generasi ke
1
4) Menggunakan simpanan luar yang sifatnya random
acces
5) Menggunakan daya listrik lebih hemat
6) Sudah memungkinkan untuk melakukan multiprosesing
7) Sudah menggunakan input dan output yang berbentuk
display"gambar dan grafik
8) Sudah mampu berkomunikasi antar komputer
9) Harga lebih murah dari generasi ke2
4.
Komputer Generasi ke 4(1970-1990)
Ciri-ciri:
1) Telah menggunakan microprosesor
2) Sudah menggunakan teknologi LSI(Large Scala
Integration) & VLSI(Very Large Scala Integration)
5.
Komputer Generasi ke 5 (1990-sekarang)
Ciri-ciri:
1) MPP(Massively Paraller Prosesor)
2) 1999- WWW-World Wide Web
3) 1993-Mosaic untuk UNIX,PC,dan Mac
4) Menginterprestasikan tag IMG dan menayangkan
5) Grafik sepanjang Ext
6) 1994 Net Scape Navigator 1.0 gratis
7) 1996 explorer
Jenis-jenis komputer:
A. Berdasarkan fungsi:
1) Special Purpose Computer
2) General Purposse Computer
Berdasarkan ukuran fisik:
-
Super
komputer : jenis komputer yang memiliki kecuali yang paling cepat
-
Komputer
besar(Main Frame) : Banyak menyimpan data
-
Komputer
menengah
-
Komputer
kecil
-
Komputer mini
-
Komputer
mikro
Berdasarkan daya yang diolah
1. Analog
2. Digital
3. Hibrid
PERANGKAT KERAS
-
Keyboard :
Alat untuk memasukan data yang akan diproses
Keyboard standar terdiri 104 kunci/tombol
Dibagi menjadi 4 komponen/bagian
1. Kunci Alpa numerik
2. Kunci Numerik
3. Kunci Lokasi
4. Kunci Fungsi
-
Mouse
(Tetikus)
Cara pengabungan mouse keCPU ada 4:
1. Serial
2. USB
3. Ps2
4. Wirelles
-
Join Stik
9 gunanya untuk memanuver/mengarahkan
objek yang sulit dilakukan oleh keyboard.
-
Barcode
9 Peralatan input yang dirancang untuk tujuan
spesifik dan dipersentasikan sebagai data numerik yang dibentuk oleh
serangkaian baris/garis yang memiliki panjang dan ketebalan yang bervariasi.
-
Scanner
9 Untuk memasukan/mengijinkan
informasi kedalam komputer baik berupa foto maupun teks.
-
Camera Digital
9 Alat yang dapat mengkonversi foto
ditangkap secara langsung kedalam image.
-
Teleconference
9 Komunikasi 2 atau lebih terpisah
menggunakan jaringan internet secara langsung.
-
Voice Data
Entry
9 Memasukan data dengan menggunakan
suara.
-
Finger Print
9 Untuk mendeteksi atau menangkap
kurva atau lekukan jari.
-
ATM
-
Touch Screen
9 Dengan menyentuh jari pada tombol
maka akan membentuk data.
-
Light Pen
9 Membentuk data dengan menggunakan
seperti pena yang berisi cahaya.
Alat Proses
1. CPU(Central Prossesing Unit)
9 Merupakan unit proses utama yang
penting dalam komputer yang mengendalikan seluruh proses pengolahan data.
CPU terdiri dari 3 fungsi olah
a. ALU(Aritmatic Logical Unit)
9 Berfungsi melakukan proses yang
membutuhkan perhitungan matematika dan perbandingan secara logikal.
b. CU(Control Unit)
9 Berfungsi untuk melakukan
pengendalian semua peralatan lain.
c. Register
9 Tempat penyimpanan sementara
Alat-alat yang ada dalam CPU
-
Mother
Board/Main Board
9 Merupakan salah satu perangkat
dalam komputer yang digunakan sebagai tempat untuk memasang atau meletakan
beberapa peralatan lain.
-
Prosesor
9 Merupakan sebuah chip yang merupakan
kotak pemeroses dan pusat pengendali berbagai perangkat lain sehingga komputer
dapat bekerja antar satu dengan yang lainnnya.
-
Memori
9 Merupakan tempat menyimpan data
atau intruksi.
Out Put
-
Monitor
9 Fungsinya menampilkan data,grafik,informasi
berbentuk gambar,dan teks.
-
Printer
9 Berfungsi untuk mencetak hasil
data.
-
Speakers
9 Untuk mengeluarkan suara.
-
Projector
9 Alat untuk mengambil image dari
komputer dan ditampilkan kelayar yang lebih besar.
-
Plotter
9 Mencetak data dalam ukuran besar.
-
Robot
-
Computer
Aided memfaktor
-
Piranti
Komunikasi
9 Media penyambung untuk mengeluarkan data.
Contoh : Modem
Software
Software
9 Merupakan program yang dibuat oleh ahli program
untuk menjalankan perangkat keras.
9 Merupakan suatu program yang berisi
perintah/intruksi untuk melakukan pengolahan data.
9 Sebagai penghubung hardware dan brainware untuk
mengolah data.
Perkembangan Software
1) Era Pionir(Pemula)
-
Menggunakan
kabel-kabel sebagai penghubung
-
Punched Card
-
Digunakan
untuk satu fungsi
2) Era Stabil
-
Sudah mulai
banyak digunakan didalam pendidikan,bisnis,dan industri
-
Multitasking " Menggerakan lebih dari satu perintah
-
Multi User
3) Era Micro
-
Membagi
perangkat internal
-
Otomatis
4) Era Modern
-
Software
sudah mulai dipakai diTV,AC,dll.
Fungsi Software
1. Mengidentifikasi program
2. Menyiapkan aplikasi program
3. Mengatur dan membuat pekerjaan menjadi lebih
efisien
Software/Perangkat Lunak terbagi menjadi 4 macam :
1. Sistem Operasi
9 program yang berfungsi untuk
mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media
input,output,tabel pengkodean,memori,penjadwalan prosesor,dll.
Fungsi Sistem Operasi:
1. Menyimpan program dan aksesnya
2. Membagi tugas diCPU
3. Merekam data-data
4. Menghapus dan mendapatkan data
5. Memeriksa kesalahan sistem
6. Mengatur memori
7. Menjaga keamanan
2. Program Aplikasi
9 Perangkat
lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu.
Misalnya: Pengolahan data,lembar kerja,desain grafis,mengolah gambar,dll.
3. Bahasa Pemograman
9 Program
yang digunakan untuk menterjemah intruksi yang ditulis dalam bahasa pemograman
kebahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu agar diterima oleh
komputer.
Misalnya: Turbo pascal,visual basic,dll.
4. Utility
9 Perangkat
lunak yang berfungsi untuk membantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan
komputer.
Misalnya:Anti virus,bluetooth,dll.
Virus
9 Sebuah
program yang menyusup dan berkembangbiak dengan sendirinya dalam media
penyimpanan komputer.
Dampak dari virus:
-
Menghabiskan
ruang/memori penyimpanan
-
Mengganggu
kerja memori
-
Merusak
Komputer
Cara mengatasinya:
-
Memberi
proteksi(Anti virus)
-
Meng up date
Anti virus
-
Mengback up
Tidak ada komentar:
Posting Komentar